Di antara segelintir gitaris jazz terkemuka, John Scofield ialah salah satu yang paling kaya pengalaman; 
tampil bersama Chet Baker dan Gerry Mulligan dalam Carnegie Hall 
Concert (Legacy Records, 1974), Charles Mingus 
untuk album Three or Four Shades of Blues (Atlantic 
Records, 1977), membantu Miles Davis sekitar tiga 
setengah tahun sejak 1982, menghasilkan tiga buah album, sesi rekaman dengan 
rekan penggitar Bill Frisell (Grace Under Pressure – Blue Note Records, 1992) serta Pat Metheny (I Can See Your House from 
Here – Blue Note Records, 1994), menyelami kedalaman interaksi jam band 
bersama Medeski Martin & Wood – berinisial MSMW yang terealisasi pada A Go 
Go (Verve Records, 1998), Out Louder 
(Indirecto Records, 2006), juga album gres In Case the World 
Changes Its Mind (Indirecto Records, 2011).
John Sccofiled with his axe
Tingkatan alat musik yang ekspresif adalah pertama 
drum kemudian selanjutnya alat tiup seperti saxophone dan kemudian adalah gitar, 
dan sampai saat ini hanya John Scofield yang mampu memainkan alat musik gitar 
demikian ekspresifnya. Pat Metheny dalam satu 
wawancara mengemukakan pendapatnya “Sco (panggilan 
John Scofield), hanya dia yang paling ekspresif di 
departemen ini”. 
Rekam jejak ‘Sco’diperkaya oleh deretan album solo 
yang menunjukkan betapa mudahnya ia beralih jazz straight-ahead, blues, funk, 
fusion, soul, R&B, hingga avant-garde. Boleh jadi A 
Moment’s Peace merupakan album terhalus yang dibuat Sco, memainkan 
rangkaian ballad, baik cover maupun gubahan asli. 
Dengan aransemen sederhana pun rileks, Sco mempercayakan rhythm section kepada pianis-organis Larry Goldings, Scott Coley 
untuk kontrabas, pula drummer Brian Blade dalam 
garapan albumnya ini.
Menggunakan gitar semi hollow 
body, Sco tampil impresif dengan sound cemerlang dan melenakan. Awal 
perjumpaan adalah “Simply Put” yang membuat terenyuh, berlanjut tafsiran “I 
Will,” berlapis irama bossa dan makin hangat oleh permainan organ Larry yang 
kembali beraksi pada swing lembut “Lawns” milik Carla 
Bley. Redupkan lampu sambil menyiapkan mood 
guna terbuai oleh manisnya “I Want To Talk About You,” hingga meraih ekstase 
blues atas “Gee Baby Ain’t I Good To You.”
Terdapat bisikan-bisikan frase Jim Hall yang menghiasi nomor “Already September,” 
kontrabasis Scott turut berperan solo, dengan panduan ritme intuitif Brian. Ada 
pula rintihan khas Abbey Lincoln dalam trek berskala 
minor “Throw It Away.” Sehalus-halusnya detakan reggae tampak pada interpretasi 
“You Don’t Know What Love Is,” sedangkan pendaran nuansa bluegrass terekam di 
nomor “Plain Song.”
Penuntas A Moment’s Peace 
terletak pada dekonstruksi “I Loves You Porgy,” meskipun tetap terdengar tema 
aslinya, namun sejatinya merupakan dialog improvisasi bebas yang mengalir begitu 
saja tanpa pretensi, berakhir sebuah konklusi bunyi penuh kejutan.[wartajazz/red]

No comments:
Post a Comment