Di antara segelintir gitaris jazz terkemuka, John Scofield ialah salah satu yang paling kaya pengalaman;
tampil bersama Chet Baker dan Gerry Mulligan dalam Carnegie Hall
Concert (Legacy Records, 1974), Charles Mingus
untuk album Three or Four Shades of Blues (Atlantic
Records, 1977), membantu Miles Davis sekitar tiga
setengah tahun sejak 1982, menghasilkan tiga buah album, sesi rekaman dengan
rekan penggitar Bill Frisell (Grace Under Pressure – Blue Note Records, 1992) serta Pat Metheny (I Can See Your House from
Here – Blue Note Records, 1994), menyelami kedalaman interaksi jam band
bersama Medeski Martin & Wood – berinisial MSMW yang terealisasi pada A Go
Go (Verve Records, 1998), Out Louder
(Indirecto Records, 2006), juga album gres In Case the World
Changes Its Mind (Indirecto Records, 2011).
John Sccofiled with his axe
Tingkatan alat musik yang ekspresif adalah pertama
drum kemudian selanjutnya alat tiup seperti saxophone dan kemudian adalah gitar,
dan sampai saat ini hanya John Scofield yang mampu memainkan alat musik gitar
demikian ekspresifnya. Pat Metheny dalam satu
wawancara mengemukakan pendapatnya “Sco (panggilan
John Scofield), hanya dia yang paling ekspresif di
departemen ini”.
Rekam jejak ‘Sco’diperkaya oleh deretan album solo
yang menunjukkan betapa mudahnya ia beralih jazz straight-ahead, blues, funk,
fusion, soul, R&B, hingga avant-garde. Boleh jadi A
Moment’s Peace merupakan album terhalus yang dibuat Sco, memainkan
rangkaian ballad, baik cover maupun gubahan asli.
Dengan aransemen sederhana pun rileks, Sco mempercayakan rhythm section kepada pianis-organis Larry Goldings, Scott Coley
untuk kontrabas, pula drummer Brian Blade dalam
garapan albumnya ini.
Menggunakan gitar semi hollow
body, Sco tampil impresif dengan sound cemerlang dan melenakan. Awal
perjumpaan adalah “Simply Put” yang membuat terenyuh, berlanjut tafsiran “I
Will,” berlapis irama bossa dan makin hangat oleh permainan organ Larry yang
kembali beraksi pada swing lembut “Lawns” milik Carla
Bley. Redupkan lampu sambil menyiapkan mood
guna terbuai oleh manisnya “I Want To Talk About You,” hingga meraih ekstase
blues atas “Gee Baby Ain’t I Good To You.”
Terdapat bisikan-bisikan frase Jim Hall yang menghiasi nomor “Already September,”
kontrabasis Scott turut berperan solo, dengan panduan ritme intuitif Brian. Ada
pula rintihan khas Abbey Lincoln dalam trek berskala
minor “Throw It Away.” Sehalus-halusnya detakan reggae tampak pada interpretasi
“You Don’t Know What Love Is,” sedangkan pendaran nuansa bluegrass terekam di
nomor “Plain Song.”
Penuntas A Moment’s Peace
terletak pada dekonstruksi “I Loves You Porgy,” meskipun tetap terdengar tema
aslinya, namun sejatinya merupakan dialog improvisasi bebas yang mengalir begitu
saja tanpa pretensi, berakhir sebuah konklusi bunyi penuh kejutan.[wartajazz/red]
No comments:
Post a Comment